Rabu, 15 Februari 2012

Yeeaaahhh!! Akhirnya SATU yang tersisa


Mungkin semester ini adalah semester yang paling menentukan agar aku bisa menyelesaikan pendidikan strata satuku (S1) di Fakultas Hukum Universitas Udayana sekaligus bisa memenuhi harapan orangtua agar aku bisa mendapat gelar sarjana hukum. Masuk di bulan agustus 2008 sebagai mahasiswa baru fakultas hukum universitas udayana, dan sekarang sudah hampir empat tahun mengenyam pendidikan disini.

Agustus 2008 adalah awal aku memulai kuliah dengan status baruku sebagai mahasiswa, kuliah ke kampus bukit jimbaran membuatku agak malas untuk kuliah karena aku memilih ngekost didenpasar ketimbang ngekost di jimbaran, dan hasilnya IP di semester pertamapun ngga mencapai 3. Untungnya semester dua masih menggunakan system paketan jadi aku bisa mengambil beban mata kuliah (SKS) sama seperti temen-temen yang mempunyai IP diatas 3. Semester dua aku mulai berbenah, mulai rajin untuk kuliah dan memulai untuk ikut organisasi dikampus agar bisa mendapat pengalaman dan juga menambah teman, dan hasilnyapun  lumayan IP semester dua bisa mencapai tiga koma J

Setelah semester dua ada yang namanya semester pendek, disini mahasiswa dapat mengambil mata kuliah baru sebanyak maksimal 12SKS, namun aku hanya mengulang matakuliah di semester satu yang nilainya kurang memuaskan dan itupun hanya satu mata kuliah yang berbobot 3SKS, jadi disini aku sudah ketinggalan 12 SKS dari temen-temen yang mengambil full saat semester pendek itu. Alasanku hanya mengulang dan tidak mengambil matakuliaah baru saat itu adalah agar lebih banyak dapet libur dikampung dan berkumpul dengan keluarga, karena kesibukan ikut organisasi menyebabkanku jarang pulang.

Disemester tiga aku mengambil beban sks sebanyak 23sks karena waktu itu aku tidak mengetahui kalau boleh mengambil 25sks L padahal katanya beban maksimal yang dapat diambil dengan IP tiga adalah 24SKS, IP disemester tigapun lumayan biarpun banyak kesibukan di organisasi kampus. Disemester empat aku nekat aja mengambil 25SKS biar setidaknya bisa mengejar temen-temen yang yang mengambil SKS full saat semester pendek dulu, memang lumayan berat hal itu bisa dirasakan saat ujian UTS maupun UAS, karena aku harus dua kali menjalani tiga ujian mata kuliah dalam satu hari, dan hal itu  membuatku realistis dengan IPku disemester empat ini. Namun saat penerimaan KHS aku lumayan terkejut IPku di atas tiga lagi dan tanpa ada nilai C J

 Setelah semester empat ada lagi semester pendek, dan disemester pendek kali ini aku sudah bertekad untuk mengambil full agar setidaknya bisa mengurangi  selisih SKSku dengan teman-teman yang lain, namun niat itu tak bisa tersampaikan, karena aku harus berangkat kejakarta guna mengikuti SeHAMa (Sekolah HAM untuk Mahasiswa) yang diadakan oleh KontraS (Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan) selama sebulan. Dan lagi-lagi harus rela ketinggalan sks dari temen-temen yang lain (dalam pikiranku mungkin aku yang akan tamat terakhir dari angkatan 2008 pada waktu itu) namun semua sudah aku putuskan dan aku berangkat kejakarta dan mencari pengalaman dan juga teman-teman baru disana.

Semester lima dan semester enam kembali aku mengambil 25SKS lagi, dan seperti biasa kesulitan yang ditemukan adalah saat UTS dan UAS karena jadwal ujiannya yang padat namun semua itu dapat dilewati dengan cukup baik, di semester tujuh adalah masa yang membuat aku benar-benar banyak berpikir karena disaat teman-teman beberapa sudah habis matakuliahnya bahkan beberapa sudah ada yang skripsinya akan final sedangkan aku masih mengambil mata kuliah yang masih lumayan banyak yaitu 7 matakuliah ditambah skripsi, semester tujuh pun dijalani dengan semangat dan berusaha sebaik mungkin agar tidak ada matakuliah yang mengulang. Aku sempat ragu dibeberapa mata kuliah semester ini karena selain dosennya yang lumayan killer, aku juga jarang kuliah tetapi sangat bersyukur ketika KHS keluar nilaiku lumayan Bagus dan tanpa ada nilai C,D atau E satupun yang artinya aku sudah menyelesaikan semua beban matakuliahku dan tinggal menyelesaikan tugas akhir mahasiswa yaitu Skripsi, dan disemester tujuh ini juga usulan penelitianku diterima J .

Dan sekarang aku semester delapan, yang bisa disebut juga sebagai mahasiswa semester akhir, dan akhirnya juga yang ada di kartu rencana studiku (KRS) adalah Skripsi, dalam pikiranku akhirnya Cuma satu aja yang tersisa di KRS (yyyeeeeeaaahhhh :D), dan akupun sedikit senang karena bisa mengejar temen-temen yang dulu ikut semester pendek. Di angkatanku pun masih lumayan banyak ternyata temen-temen yang mengambil mata kuliah disemester delapan sedangkan aku bisa focus dengan skripsiku, dan targetan saat ini adalah secepatnya menyelesaikan skripsiku agar bisa  sesegera mungkin mendapat gelar sarjana hukum, semoga semua dilancarkan J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar