Jumat, 16 November 2012

Demo itu Belajar!!!




Sewaktu kuliah dulu, pernah ibu marah waktu melihat fotoku sedang orasi terpampang besar di Koran dan lumayan banyak juga saudara-saudara yang membaca langsung menasehati kalau aku harus konsentrasi untuk skripsi dan kuliahku. Mereka takut nantinya kuliahku keteteran gara-gara ikut demo. Kalau bapak orangnya demokratis, bapak tidak pernah melarang aku untuk ikut demo selama itu dijalan yang benar dan tidak mengganggu kuliahku.

Apa yang ditakutkan keluargaku kalau aku ikut demo semua bisa aku bantahkan, pemikiran orang yang bilang mahasiswa pendemo itu adalah orang bodoh, tidak punya kerjaan dan lulusnya pasti lama bahkan sampai ada yang Drop Out (DO) juga bisa aku jawab. aku menyelesaikan kuliah S1 ku tepat 4 tahun, karena setahuku standart untuk menyelesaikan pendidikan S1 memang 4 tahun. Kalau masalah IP walaupun tidak besar tapi aku bangga bisa dapat IP diatas 3, kalau masalah pintar atau bodoh sila tanyakan ke dosen dan teman-temanku di kampus. Tapi yang pasti aku bisa buktiin kepada keluargaku kalau demo tidak pernah mengganggu kuliahku.

Demo bagiku sama seperti proses kuliah dikampus, malah lebih banyak ilmu yang akan didapat karena praktek langsung. bedanya kuliah itu belajarnya di kampus kalau demo itu belajarnya di jalanan. Asal kalian tahu Demo itu ga semudah seperti yang kalian bayangkan, banyak hal yang perlu dipersipakan. Apalagi kalau kalian mau berorasi, itu bukan teriak-teriak dengan nada marah yang ga jelas dan seenaknya.

Untuk melakukan orasi, pendemo biasanya akan belajar dan menganalisa apa yang akan dia sampaikan ini tujuannya untuk membentuk pikiran yang kritis, agar peserta demo dan masyarakat mengerti apa yang dia disampaikan saat orasi.Tidak  sampai disitu, orang yang mau berorasi juga harus mempunyai keberanian karena dia akan menyampaikan sesuatu di hadapan banyak orang.

Kalau kalian bilang pendemo itu orang yang ga ada kerjaan, tapi buatku pendemo itu adalah orang yang bekerja. Pendemo adalah orang yang kritis karena mereka mempunyai pemikiran yang beda dan terus bergerak jika merasa ada sesuatu  yang tidak benar. Demo juga tidak salah dimata hukum karena demo itu adalah hak untuk mengemukakan pendapat.

Untuk kalian yang bilang demo itu tidak menghasilkan apa-apa, mungkin kalian harus belajar banyak dari sejarah. Misalkan saja saat diturunkan paksanya Soeharto jadi Presiden, itu bukan dari kalangan akademisi yang kerjaannya melakukan penelitian dan seminar berhasil menurunkan Soeharto, tetapi masyarakat yang ada di jalanan yang demo.

Jujur aku sedih mendengar cerita dari seorang adik kelas di Fakultas Hukum Udayana Angkatan 2012 yang mengatakan pada saat dia diospek dan ada materi sejarah pergerakan mahasiswa, malah pemateri mengatakan Demo itu adalah hal yang mubazir dan tidak perlu. Dia lanjut mengatakan kalau pemateri tersebut menyarankan kepada mahasiswa baru kalau ada permasalahan jangan sampai turun kejalan, mending datang langsung ke DPRD dan bicarakan langsung jadi tidak perlu berteriak dan berpanas-panasan.
Hal yang sangat aneh disaat pemateri menyampaikan materi pergerakan mahasiswa yang identik dengan demo malah menyarankan mahasiswa tidak demo lagi, boleh dikatakan pemateri yang membawakan sejarah pergerakan mahasiswa itu menyedihkan dan mungkin di tidak pernah merasakan bagaimana ikut demo, tapi membawakan materi tentang pergerakan mahasiswa.

Ingat kalian adalah mahasiswa yang punya idealisme dan membunyai tugas sebagai agen of change dan agent of social control di masyarakat. Kalian juga punya tanggungjawab kepada masyarakat bukan malah nyaman dengan status “mahasiswa” seakan menutup mata dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Bergeraklah kalian Mahasiswa!!

"perlawanan tidak akan pernah datang dari tempat yang nyaman"

Hidup Mahasiswa!!!

3 komentar:


  1. Sering di kecewakan oleh website lain? Coba di JAGODOMINO disini kami berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan bagi setiap member kami... Prinsip kami Member nomor 1 oleh karena itu CS kami yang berpengalaman siap membantu Anda 24/7... Di JAGODOMINO kami juga memberikan BONUS - BONUS MENARIK......

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus
  2. Jangan takut untuk MENCOBA tapi takutlah saat rezeki sudah hilang dari kita..Temukan segala macam kenyamanan, kemudahan dan keamanan chip anda bersama kami situs poker online terpercaya Jagodomino, Coba keberuntungan kamu bermain di Jagodomino, minimal deposit / withdraw Rp 15.000 , Bisa Memainkannya via Android / Iphone / Ipad.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus
  3. Selamat Datang Para Pecinta POKERS MANIA.
    Binngung Cari WEBSITE Yang Bisa Buat Anda Mendadak Jadi Jutawan..?? Kenapa Tidak Di Coba Saja Di Jagodomino,com !!!

    Sudah Terjamin FAIR PLAY 100% MEMBER VS MEMBER
    Menyediakan Beberapa Meja MAS, CS Yang CANTIK DAN RAMAH , PELAYANAN CEPAT DAN MEMUASKAN
    Mau Menang Dengan Mudah? Main Disini Aja!
    Persentase Kemenangan Lebih Besar!
    Silahkan Di UJI Kemampuan Bermain KARTU Hanya Di Website
    Jagodomino,com ???

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus