Kamis, 07 Juni 2012

Hamster Hewan Pengerat Yang Lucu



“Pengen punya binatang peliharaan seperti anjing pom ataupun kucing anggora, tetapi apadaya uang tidak mencukupi”

                Kamis siang tanggal 7 juni 2012 aku iseng pergi ke pasar burung satria di jalan veteran, jarang pasar burung dari kost memang tidak terlalu jauh, Cuma 10 menit naik sepeda motor, keinginan awalnya hanyalah untuk menanyakan harga anjing pom ataupun kucing angora yang sudah lama aku inginkan sebagai hewan peliharaan di rumah.

            Sampai di pasar burung satria dan setelah memarkirkan sepeda motor, lalu aku berjalan-jalan keliling pasar, sambil melihat hewan-hewan yang dijual di pasar burung satria tersebut. Disana aku melihat para pedagang menjual hewan-hewan seperti burung, ayam, kelinci, kucing, anjing, ikan, marmot, dan masih banyak lagi, bahkan di sana juga ada pedagang yang menjual hewan reptile seperti ular dan juga tokek.

            Sesuai tujuan awal akupun mencari pedagang yang menjual anjing pom, setelah ketemu langsung aja aku masuk ketempat dagangannya untuk melihat anjing pom itu, anjingnya sehat dan aktif tapi melihat harganya yang dipasang dikandangnya buat aku berpikir ribuan kali untuk membelinya, alhasil aku langsung meninggalkan lapak pedagang tersebut dan mencari sasaran berikutnya.

            Tidak jauh dari pedagang anjing pom itu, aku masuk ke lapak pedagang yang menjual kucing angora, kucingnya sangat lucu dan gemuk, memang sih harga yang ditawarkan ngga terlalu mahal seperti yang ada di internet, tapi untuk biaya perawatannya kucing jenis ini terkenal mahal, apalagi untuk makannya, alhasil niat untuk membeli kucing anggora tadipun dibatalkan.

            Tapi karena keinginan punya binatang peliharaan begitu kuat, akupun mencari binatang yang bisa aku pelihara dan tentu harganya tidak mahal. Aku mulai berpikir untuk membeli marmot, kelinci atau hamster dan akupun keliling lagi untuk mencari serta menanyakan harga ketiga binatang tersebut.

            Rata-rata harga ketiganya tidak lebih dari 30 ribu per ekor, namun setelah melihat-lihat akupun tertarik untuk memelihara hamster, selain tingkahnya yang lucu badannya yang gendut juga biaya perawatannya yang ngga terlalu mahal. Marmot menurutku juga lucu tapi baunya yang tidak enak tersebut mengurungkan niatku untuk memeliharanya, kelinci juga bagus tapi harga kandangnya mahal.

            Setelah memilih-milih hamster yang akan dibeli, maka aku memilih dua hamster jantan dan betina jenis winter white golden black eyes yang harganya 30 ribu satu ekor, ada juga hamster jenis ini tetapi yang red eyes namun harganya lumayan mahal yakni 50 ribu per ekornya.

            Setelah mendapatkan hamsternya saatnya memilih kandang dari hamster tersebut, harga yang ditawarkanpun cukup bervariasi dari 40 ribu sampai 200 ribu tergantung besarnya kandang dan aksesoris di dalamnya. Karena hamster yang aku beli masih kecil aku putuskan membeli kandang yang tidak terlalu besar yang penting aksesorisnya agar si hamster bisa bermain dan nyaman dikandangnya, maka aku putuskan untuk membeli kandang yang harganya 50 ribu.

            Tidak lupa aku juga membeli makanannya berupa biji bunga matahari yang harganya 5 ribu perbungkus dan cukup untuk makanannya seminggu, serta membeli sabut kayu untuk diisi di dalam kandangnya agar hamsternya hangat yang harganya 10 ribu. Total belanjaan untuk memelihara hamster hari itu adalah 125 ribu, dan setelah itu aku balik lagi ke kost, kalau dipikir-pikir masi lebih murah dari pada harus memelihara anjing pom ataupun kucing angora.

            Sampai di kost aku langsung melihat dua ekor peliharaanku yang baru yaitu hamster, mereka sangat lincah bermain dikandangnya, dan ketika aku masukkan biji bunga matahari, merekapun dengan lahap langsung memakannya. Senangnya punya hewan peliharaan yang lucu tetapi ngga mahal, semoga hamster-hamsterku cepat dewasa dan cepat punya anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar