Kamis, 07 Juni 2012

Hoorrreeeeiii Ikan Nila Di Kolam Uda Beranak



Rabu sore tanggal 6 juni tahun 2012 seusai pulang dari tabanan untuk menghadiri acara pengabenan mertua kakakku, aku rebahan di kamar kost untuk beristirahat karena dari kemarin malamnya aku menginap di Tabana bareng kawan-kawan dari Walhi Bali dan FrontierBali dan tidak sempat tidur karena kami asik untuk bermain kartu.

            Tidur dari jam setengah 4 dan terbangun sekitar jam 6 sore lumayan dapat istirahat, walaupun masi terasa capek, tapi aku harus selesaikan tugas dari bli gendo yaitu memanaskan motor, karena sudah hampir seminggu ditinggal ke Tabanan motor tersebut tidak pernah dihidupkan, membersihkan akuarium yang ada di kamarnya dan juga membersihakan kolam ikan.

            Pekerjaan pertama yaitu memanaskan mesin motor sangat mudah dilakukan dan dilanjutkan dengan dengan membersihkan akuarium yang ada dikamar bli Gendo, untuk hal ini juga tidak terlalu sulit untuk dikerjakan, karena selain akuariumnya kecil, ikan yang ada di akuarium tersebut juga dua ekor, yakni jenis ikan mas koki, ikannya sangat gemuk dan lucu.

            Nah pekerjaan yang terakhir yang lumayan sulit, karena harus membersihkan kolam ikan, selain harus menyambungkan selang untuk membuang air ke got sebelah, aku juga harus menangkap ikan yang lumayan banyak yang di pelihara sama bli gendo. Jenis ikan yang dipelihara di kolam ini ada ikan nila, hiu tawar, tawes, koi dan juga ikan sapu-sapu. Dulunya ada juga ikan lele yang sudah dipelihara dari kecil, namun setelah lumayan besar ikan lelenya loncat keluar kolam dan dimakan oleh kucing. L

            Setelah menunggu kurang lebih satu setengah jam, akhirnya air di kolam pun tinggal sedikit, dan saat itu aku mulai menangkap ikan-ikan yang ada di kolam tersebut. Ikan-ikan yang aku tangkap menggunakan jaring tersebut selanjutnya aku pindahkan untuk sementara ke ember, namun aku terkejut karena pas menyaring ikan tersebut aku melihat banyak sekali ikan yang masih sangat kecil-kecil, dan ketika aku lihat lagi ternyata ikan nila yang sudah dipelihara oleh bli gendo selama hampir empat bulan sudah beranak.

            Lalu akupun memisahkan anak-anak ikan nila tadi dengan ikan-ikan yang lain, setelah kolam benar-benar bersih dan airnya sudah diganti dengan air yang lebih bersih, aku memasukkan kembali ikan-ikan yang di ember tadi kembali ke kolam, tidak lupa juga aku masukkan lagi anak-anak ikan nilanya. Semoga ikan nilanya kembali bisa beranak, dan anak-anak ikan nilanya bisa tumbuh dengan cepat. J
            

1 komentar: