Sabtu, 16 Juni 2012

Hari Raya Saraswati : Hari Turunnya Ilmu Pengetahuan

Hari ini sabtu tanggal 16 juni 2012, umat hindu merayakan hari raya saraswati. Hari raya saraswati datang setiap 210 hari sekali atau 6 bulan sekali diperingati sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan, di percaya pada hari raya saraswati dewi ilmu pengetahuan dalam mitology hindu yaitu dewi saraswati menurunkan ilmu pengetahuan kepada manusia, agar manusia tersebut tidak bodoh.

Hari raya saraswati biasanya diisi dengan kegiatan persembahyangan di sekolah-sekolah, di rumah dan juga di pura-pura. Seperti hari ini aku memulai persembahyangan saraswati di kampusku yaitu di fakultas hukum universitas udayana, ini kalau tidak salah adalah untuk ketiga kalinya aku melakukan persembahyangan di kampus saat hari raya saraswati, karena biasa aku hanya sembahyang di SMA N 1 UBUD yaitu di mana aku dulu menuntut ilmu dan juga paling dekat dengan rumah.

Aku seperti itu karena aku percaya tuhan itu satu dan ada dimana- mana, makanya kalau hari raya saraswati aku sangat jarang sembahyang di kampus, aku berpikir toh juga disana sama-sama menyembah dewi saraswati saat hari raya saraswati, hanya tempatnya saja yang membedakan.

Namun memang hari raya saraswati ini aku pengen sembahyang dikampusku, makanya dari hari kemarinnya aku sudah tinggal di denpasar, karena di kampusku biasanya persembahyangannya di mulai lumayan pagi, takutnya kalau aku dari ubud akan telat sampai di kampus.

Dan jam 10 pagi persembahyangan hari raya saraswati dikampusku mulai, setelah selesai sembahyang dikampus barulah aku pulang ke ubud dan melanjutkan sembahyang saraswati di rumah, sma, dan pura maksanku. Selamat hari raya saraswati umat sedharma, semoga ilnu pengetahuan yang kita punya bisa kita gunakan untuk kepentingan banyak orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar