Sabtu, 07 Januari 2012

Fun Bike cross Country untuk pertama kalinya

`
Pada hari itu minggu tanggal 18 Desember 2011, pagi-pagi aku sudah bangun dengan semangat untuk mengikuti acara fun bike yang diadakan dalam rangka Monkey Forest Festival 2011 padahal baru kemarin malamnya aku sampai di kampung sehabis pulang dari Denpasar untuk berpartisipasi di acara musiknya kawan-kawan walhi bali, sawit watch dan akarumput yang bertema “orangutan”. Walaupun masih terasa lelah tetapi aku dengan semangat mengganti pakaian yang akan digunakan untuk mengikuti acara Fun Bike ini.

Jam 6 pagi aku sudah siap dengan sepeda dan air minum sebagai perbekalan untuk dijalan nanti, akupun langsung pergi ketempat pengumpulan acara funbike ini di parkir timur Monkey Forest. Betapa terkejutnya aku sampai disana, ternyata yang ikut acara funbike ini bukan dalam jumlah ratusan peserta tetapi puluhan ribu peserta dari seluruh Bali ikut berpartisipasi dalam acara Funbike ini. Jalanan menuju monkeyforestpun penuh sesak dengan peserta padahal pada saat itu hujan gerimis turun.

Saat jam 7 pagi, panitia mengumumkan rute yang harus dilalui bagi para peserta Monkey Forest Funbike ini, ada dua pilihan bagi para peserta yaitu funbike dan cross country. Bagi peserta funbike rute yang harus ditempuh yaitu dari monkey forest ke kutuh, habis itu ke petulu, dari petulu ke andong dan kembali lagi ke monkey forest yang diperkirakan menempuh jarak 8KM dengan medan jalanan aspal, sedangkan rute yang harus dilalui oleh peserta yang memilih cross country adalah dari monkey forest menuju jalan raya ubud melewati bukit campuhan ke bangkiang sidem, setelah itu menuju keliki, dari keliki menuju tanggayuda, setelah itu jalan raya kedewatan, penestanan dan tembus dikatiklantang dan kembali ke monkey forest dengan perkiraan jarak yang ditempuh adalah 25KM, dengan medan jalan  perbukitan, sawah-sawah yang benyek karena hujan, jurang dan juga jembatan.

Sebenernya aku ingin ikut yang funbike saja karena lebih gampang dan juga banyak temen-temenku yang memilih ikut funbike, namun setelah dipikir lagi rute yang dilalui funbike tidak terlalu menantang dan menarik buatku, maka dengan agak ragu aku memilih ikut cross country karena panitia mengatakan rute cross country ini lumayan berat, jauh apalagi ditambah cuaca yang hujan, walau ngga tau nantinya akan bagaimana, yang ada dipikiranku saat itu, kalau ngga pernah dicoba ya ngga akan tau apa yang namanya funbike cross cuontry.

Sesaat setelah pengumuman selesai dilanjutkan dengan pelepasan peserta yang ikut cross country, diiringi gerimis hujan peserta dilepas oleh bupati gianyar. Peserta yang mengikuti cross country ini lumayan banyak tetapi tidak lebih banyak dari peserta yang ikut funbike, pesertanya juga banyakan pria dari pada wanita karena rutenya yang lumayan berat. Pertama-tama jalan yang dilalui adalah jalan bisma melewati pematang sawah yang sudah banyak berdiri vila dan juga hotel-hotel di atas sawah, setelah itu menuju kebukit campuhan, disini tantangan pertama peserta cross country karena peserta harus memapah sepeda menaiki bukit yang lumayan menghabiskan tenaga apalagi bagi peserta yang perutnya masih kosong. Setelah sampai di atas bukit barulah peserta bisa menaiki sepeda mereka kembali dan melintas diantara padang ilalang yang tumbuh dibukit campuhan, setelah itu peserta melewati jalan aspal dari bangkiang sidem sampai di keliki tegalalang , walaupun jalanan aspal tetapi tenaga lumayan terkuras karena jalanannya yang terus menanjak dan jarak yang ditempuh kurang lebih 6KM, untungnya cuaca saat itu lumayan bersahabat hanya mendung. Setelah sampai dikeliki peserta diarahkan kepersawahan yang becek dan lumayan terjal dan licin karena banjir, tidak sedikit peserta yang jatuh dan sepeda mereka ada problem ditempat ini, selesai melewati persawahan peserta menuruni lereng bukit dan menyebrangi jembatan agar bisa sampai ditangga yudha, saat menuruni lereng bukit aku sempat was-was karena ini baru pengalaman pertama kali tampa persiapan apapun cm dengan bekal sepeda MTB dan air minum, tetapi dengan hati-hati ku bisa melewati lereng dan juga jembatan itu sehingga sampai dijalan raya tangga yudha, dari sana medan yang ditempuh jauh lebih ringan karena melewati jalan raya yang semuanya turunan melewati kedewatan dan sampai dipenestanan terus langsung ke katiklantang, setelah itu kembali lagi ke monkey forest
.
Lumayan sangat melelahkan mengikuti cross country untuk pertama kalinya dan tampa persiapan, pakaian, sepatu, dan sepeda penuh lumpur, tetapi itu ngga jadi masalah yang penting dapat pengalaman baru yang lumayan mengesankan. Intinya untuk tahu hal yang baru maka harus berani mencoba :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar